Mengapa
PJJ ?
Perkembangan teknologi
komunikasi dan informasi telah mendorong berkembangnya pendidikan jarak jauh.
Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan berkat perkembangan teknologi
komunikasi dan informasi juga mendorong perkembangan pendidikan jarak jauh.
Sekolah masih di
pandang suatu yang mewah baik dari segi biaya, maupun dari kebutuhan yang harus
di keluarkan untuk mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga masih banyak ditemui
anak yang putus sekolah dan tidak mengikuti pendidikan di sekolah. Dengan
sistem pendidikan jarak jauh anak yang tidak dapat mengikuti sekolah reguler
tetap dapat mengikuti pendidikan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan, tanpa
harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli pakaian, membayar biaya transport,
atau biaya-biaya yang lain, jika mereka harus datang ke sekolah.
Pengertian PJJ?
Belajar jarak jauh
merupakan suatu bentuk system pembelajaran yang proses pembelajarannya jauh
dari pusat penyelenggaraan pendidikan dan bersifat mandiri. Pendidikan jarak
jauh adalah suatu model pembelajaran yang membebaskan pebelajar untuk dapat
belajar tanpa terikat oleh ruang dan waktu dengan sedikit mungkin bantuan dari
orang lain.
Teori
dan filosofi?
Teori pembelajaran,
tidak hanya dititikberatkan kepada penyampaian informasi kepada peserta didik,
tapi juga bagaimana peserta didik dapat mencerna dan membangun pengetahuan baru
dari informasi yang diperolehnya. Pandangan lama yang masih dipakai sampai saat
ini, adalah pendekatan penyampaian informasi yang diibaratkan seperti kerja
computer padahal peserta didik harus mengkonstruksi pengetahuanya sendiri dan
member makna melalui pengalaman nyata. Peserta didik perlu dibiasakan untuk
memunculkan ide-ide konstruktif, biarkan peserta didik mengkonstruksi sendiri
pengetahuanya dengan demikian esensi konstruktivisme bahwa peserta didik harus
menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain. Setiap manusia mempunyai
hak untuk memperolah kesempatan belajar tanpa mempersoalkan segala macam bentuk
perbedaan. Sistem belajar jarak jauh merupakan sistem yang dapat
memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk mendapatkan
pendidikan.
Karakteristik?
Keterpisahan antara
peserta didik dan pengajar dalam ruang
dan waktu dapat memanfaatkan bahan belajar yang dirancang dan diproduksi secara
sistematis. Walaupun pertemuan pengajar dan peserta didik yang tidak terus
menerus dengan adanya organisasi pendidikan melalui beragam media bisa memantau
secara intensif dari suatu organisasi pendidikan.
Prinsip?
Prinsip PJJ diwujudkan
dengan dimungkinkannya peserta didik untuk memulai, mencari sumber belajar,
mengatur jadwal dan kegiatan belajar, mengikuti ujian dan mengakhiri
pendidikannya di luar ketentuan waktu dan tahun ajaran. Dikatakan luwes,
pembelajar dimungkinkan untuk berpindah dari pendidikan formal ke pendidikan
non-formal atau sebaliknya dari pendidikan non-formal ke pendidikan formal. Dengan
pendayagunaan berbagai macam sumber daya dan teknologi yang tersedia seoptimal
mungkin. Pemberdayaan segala sumber disekeliling pebelajar akan membantu
pebelajar untuk dapat menggunakan sumber tersebut sebanyak mungkin, sehingga
pebelajar tidak merasa kerepotan mengenai sumber belajarnya.
Pembelajaran?
Pembelajaran ditujukan
untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi peserta didik agar mengembangkan
potensi yang dimiliki sehinga diharapkan dapat memecahkan masalah dimasyarakat
dalam menghadapi tantangan kemajuan perkembangan global. Dengan Sistem belajar
jarak jauh merupakan suatu alternatif untuk memperoleh kesempatan belajar bagi
pembelajar atau warga belajar yang karena berbagai alasan tidak dapat mengikuti
pendidikan pada sistem pendidikan formal atau konvensional. Pendidikan
jarak jauh ini merupakan sistem pendidikan yang bebas untuk diikuti oleh siapa
saja tanpa terikat pada batasan tempat, jarak, waktu, usia, jender dan batasan
non akademik lainnya. Sistem ini memberikan kebebasan kepada pembelajar atau
warga belajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara bebas dan mandiri.
Keberhasilan dari program pendidikan jarak jauh ini sangat tergantung pada
pihak-pihak yang saling membantu, baik itu dari pebelajar sendiri, lembaga
pendidikan yang menyelenggara, anggota masyarakat. Selain itu kita juga harus
lebih perduli terhadap perkembangan Sistem belajar jarak jauh ini meski telah
merupakan kegiatan yang sudah sejak lama sudah dilakukan oleh dinas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar