RSS
Write some words about you and your blog here

Belajar PJJ (Pendidikan Jarak Jauh)


Mengapa PJJ ?
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mendorong berkembangnya pendidikan jarak jauh. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan berkat  perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga mendorong perkembangan pendidikan jarak jauh.
Sekolah masih di pandang suatu yang mewah baik dari segi biaya, maupun dari kebutuhan yang harus di keluarkan untuk mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga masih banyak ditemui anak yang putus sekolah dan tidak mengikuti pendidikan di sekolah. Dengan sistem pendidikan jarak jauh anak yang tidak dapat mengikuti sekolah reguler tetap dapat mengikuti pendidikan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan, tanpa harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli pakaian, membayar biaya transport, atau biaya-biaya yang lain, jika mereka harus datang ke sekolah.

Pengertian PJJ?
Belajar jarak jauh merupakan suatu bentuk system pembelajaran yang proses pembelajarannya jauh dari pusat penyelenggaraan pendidikan dan bersifat mandiri. Pendidikan jarak jauh adalah suatu model pembelajaran yang membebaskan pebelajar untuk dapat belajar tanpa terikat oleh ruang dan waktu dengan sedikit mungkin bantuan dari orang lain.

Teori dan filosofi?
Teori pembelajaran, tidak hanya dititikberatkan kepada penyampaian informasi kepada peserta didik, tapi juga bagaimana peserta didik dapat mencerna dan membangun pengetahuan baru dari informasi yang diperolehnya. Pandangan lama yang masih dipakai sampai saat ini, adalah pendekatan penyampaian informasi yang diibaratkan seperti kerja computer padahal peserta didik harus mengkonstruksi pengetahuanya sendiri dan member makna melalui pengalaman nyata. Peserta didik perlu dibiasakan untuk memunculkan ide-ide konstruktif, biarkan peserta didik mengkonstruksi sendiri pengetahuanya dengan demikian esensi konstruktivisme bahwa peserta didik harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain. Setiap manusia mempunyai hak untuk memperolah kesempatan belajar tanpa mempersoalkan segala macam bentuk perbedaan. Sistem belajar jarak jauh merupakan sistem yang dapat memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk mendapatkan pendidikan.

Karakteristik?
Keterpisahan antara peserta  didik dan pengajar dalam ruang dan waktu dapat memanfaatkan bahan belajar yang dirancang dan diproduksi secara sistematis. Walaupun pertemuan pengajar dan peserta didik yang tidak terus menerus dengan adanya organisasi pendidikan melalui beragam media bisa memantau secara intensif dari suatu organisasi pendidikan.

Prinsip?
Prinsip PJJ diwujudkan dengan dimungkinkannya peserta didik untuk memulai, mencari sumber belajar, mengatur jadwal dan kegiatan belajar, mengikuti ujian dan mengakhiri pendidikannya di luar ketentuan waktu dan tahun ajaran. Dikatakan luwes, pembelajar dimungkinkan untuk berpindah dari pendidikan formal ke pendidikan non-formal atau sebaliknya dari pendidikan non-formal ke pendidikan formal. Dengan pendayagunaan berbagai macam sumber daya dan teknologi yang tersedia seoptimal mungkin. Pemberdayaan segala sumber disekeliling pebelajar akan membantu pebelajar untuk dapat menggunakan sumber tersebut sebanyak mungkin, sehingga pebelajar tidak merasa kerepotan mengenai sumber belajarnya.

Pembelajaran?
Pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi peserta didik agar mengembangkan potensi yang dimiliki sehinga diharapkan dapat memecahkan masalah dimasyarakat dalam menghadapi tantangan kemajuan perkembangan global. Dengan Sistem belajar jarak jauh merupakan suatu alternatif untuk memperoleh kesempatan belajar bagi pembelajar atau warga belajar yang karena berbagai alasan tidak dapat mengikuti pendidikan pada sistem pendidikan formal atau konvensional.  Pendidikan jarak jauh ini merupakan sistem pendidikan yang bebas untuk diikuti oleh siapa saja tanpa terikat pada batasan tempat, jarak, waktu, usia, jender dan batasan non akademik lainnya. Sistem ini memberikan kebebasan kepada pembelajar atau warga belajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara bebas dan mandiri. Keberhasilan dari program pendidikan jarak jauh ini sangat tergantung pada pihak-pihak yang saling membantu, baik itu dari pebelajar sendiri, lembaga pendidikan yang menyelenggara, anggota masyarakat. Selain itu kita juga harus lebih perduli terhadap perkembangan Sistem belajar jarak jauh ini meski telah merupakan kegiatan yang sudah sejak lama sudah dilakukan oleh dinas pendidikan.

0 komentar:

Poskan Komentar