RSS
Write some words about you and your blog here

Ulangan PJJ


Soal 1.
Perbedaan Model Pembelajaran Pendidikan Tatap muka dan pendidikan Jarak Jauh
Model Pembelajaran Pendidikan tatap muka adala pendidikan dengan proses pembelajaran yang dilakukan pertemuan melalui pertemuan  guru atau dosen dengan siswa/mahasiswa yang menggunakan bahan ajar fisik berupa buku .
Dari segi pengajar : pengajar harus menetapkan waktu dan tempat agar bisa bertemu langsung dengan murid
Dari segi peserta didik : mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan agar pembelajaran dapat terjadi
Dari sisi bahan ajar yang digunakan : Media yang digunakan yaitu media fisik seperti buku.
Model pembelajaran Pendididkan Jarak Jauh adalah  program pendidikan tinggi dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi sehinga bisa terjadi komunikasi pembelajaran dari dosen dengan mahasiswa.
Dari Segi Pengajar : Pengajar dapat menentukan waktu yang fleksibel untuk memberikan materi dan menjawab pertanayan dari peserta didik.
Dari Sgi peeserta didik : belajar secara mandiri ditempat masing-masing
Dari segi Bahan ajar yang digunakan : bahan ajar cetak atau non cetak.

Soal 2
Kireteria Yang Dibutuhkan dari sebuah media pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ
1.      Aksesibilitas mengacu pada proporsi sasaran program yang mempunyai akses pada media/teknologi yang akan digunakan dalam aktivitas pembelajaran. Aspek akses ini tidak terbatas pada akses secara fisik semata-mata namun aspek mampu atau bahkan kenyamanan dalam memanfaatkan media tersebut. Semakin besar proporsi sasaran yang mempunyai akses pada media, semakin besar peluang sukses dari media yang akan dipergunakan.
2.      Biaya meliputi biaya yang harus dikeluarkan oleh institusi dan oleh peserta ajar. Biaya pada institusi meliputi biaya tetap (investasi awal) yaitu biaya yang harus dikeluarkan pada waktu mengembangkan media dan biaya tambahan bagi setiap penambahan jumlah peserta (operasional).
3.      Efektivitas fungsi pembelajaran mengacu pada kesesuaian media untuk menyampaikan isi pembelajaran. Bila isi pembelajaran memerlukan presentasi materi dalam berbagai format, misalnya teks, suara, gambar, animasi, film hidup, maka pertanyaan yang valid adalah apakah media mendukung untuk hal ini.
4.      Interaktivitas mengacu pada dua hal. Pertama apakah media yang akan dipilih mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran, yaitu interaksi individual antara peserta ajar dengan materi ajarnya. Interaktivitas yang kedua menyangkut apakah media yang akan dipakai mampu mendukung interaksi antara peserta ajar dengan narasumber yang akan membantu peserta ajar dalam memahami materi ajar dan interaksi antarpeserta ajar.
Soal 3
Faktor Pendukung PJJ
1.      -    Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan
2.      -    Pelayanan administrasi yang memadai
3.      -    Kegiatan tutorial on line
4.      -    Pemanfaatan sarana komunikasi via telpon

Kendala Perkembangan PJJ
1. Aktivitas ganda mahasiswa; aktivitas ganda mahasiswa banyak memberatkan dan menggangu mahasiwa baik kapasitasnya sebagai guru maupun sebagai mahasiswa.
2. Peran ganda dosen yang tetap menjalankan tugas pada perkuliahan konvensional (mengajar, meneliti, menguji dan pengabdian) dan  dalam waktu bersamaan menjadi tutor program PJJ berbasis ICT berdampak pada rendahnya monitoring terhadap mahasiswa PJJ.
3. Budaya ICT literacy mahasiswa dan  tutor terindikasi masih rendah.
4. Keterbatasan akses internet pada wilayah tertentu.
5. Motivasi belajar dan berprestasi mahasiswa rendah; indikasi dapat dilhat dari tugas yang dikerjakan mahasiswa terkesan seadanya.
6. Dukungan sarana belajar.

0 komentar:

Posting Komentar